Rabu, 27 Maret 2013

1. PENGERTIAN PASAR, PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN PERTEMUAN I 2. PENGERTIAN PASAR• Menurut William J. Stanton (1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut : “ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk belanjakan”.• Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam pasar yaitu : - Orang dengan segala keinginannya - Daya beli mereka - Kemauan untuk membelanjakannya 3. PENGERTIAN PEMASARAN• Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.• Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.• Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.• Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial. 4. KONSEP INTI PEMASARAN Needs, wants, and demandmarkets Product and services Exchange, Value, transactions, satisfaction,and relationships and quality 4 5. • Kebutuhan: Keadaan merasa kekurangan (makanan, pakaian, kehangatan, dan keamanan; kebutuhan sosial akan kebersamaan dan perhatian dan kebutuhan individu akan pengetahuan dan ekspresi diri) dan merupakan sifat kodrati manusia• Keinginan: bentuk kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu.• Permintaan: Keinginan yang didukung daya beli• Produk: segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang bisa memuaskan kebutuhan atau keinginan.• Jasa:segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu pihak yang secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan 6. • Nilai bagi pelanggan (customer value): perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.• Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana anggapan kinerja (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak• Mutu: suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh spesifikasi, persyaratan, dan harapan telah dipenuhi.• Pertukaran: tindakan memperoleh obyek yang didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya.• Transaksi: perdagangan di antara dua pihak yang setidaknya mencakup dua barang yang bernilai, persyaratan yang disetujui, waktu persetujuan, dan tempat persetujuan.• Pemasaran relasional: proses penciptaan, pemeliharaan dan penguatan hubungan yan kuat dan penuh nilai dengan pelanggan dan pemercaya lainnya 7. KONSEP PEMASARAN• The Production concept : bahwa konsumen akan menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.• The product concept : Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus• The selling concept : konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk perusahaan kecuali jika perusahaan melakukan usaha penjualan dan promosi dalam skala besar.• The marketing concept : untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dengan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien dari pada yang dilakukan pesaing.• The customer concept : Pertumbuhan laba melalui sharing pelanggan, loyalitas, dan nilai seumur hidup• The social marketing concept : merupakan konsep pemasaran yang pelaksanaannya disertai dengan menjaga dan meningkatkan pelanggan dan masyarakat 8. MANAJEMEN PEMASARAN• Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.• Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar